Rani ‘Nonky’ - Spechelle Decoration: “Konsep Itu Penting”

wedding

Spechelle Decoration dapat dikatakan sebagai pencetus tema dekorasi rustic di Kota Bandung. Sebagai vendor dekorasi pernikahan yang telah berjalan sejak tahun 2010, maka tidak diragukan lagi kemampuan nya dalam hal mewujudkan dream wedding yang diinginkan oleh folkers.

Pendirinya, Teh Rani – yang akrab disapa dengan Nonky, ingin berbagi hal-hal apa saja yang penting untuk dipersiapkan dan dipertimbangkan dalam mendekorasi venue pernikahan folkers.

 

Menentukan Konsep Dekorasi

Sebelum menentukan konsep dekorasi, terlebih dahulu folkers harus menentukan tema pernikahan yang diinginkan. Menurut Nonky, tema pernikahan harus disepakati antara dream wedding dengan keinginan keluarga. Terkecuali kendali dana sepenuhnya ada di tangan folkers dan pasangan :D

Apabila tema pernikahan dengan nuansa tradisional, maka konsep dekorasi akan kental dengan gimmick tradisional. Begitu pula ketika tema pernikahan dengan nuansa lebih modern, maka konsep dekorasi akan lebih simple dan mengikuti tren saat itu.

 

Jika konsep sudah dikantongi, barulah dapat memulai riset vendor yang sesuai dengan konsep yang diinginkan. Setiap vendor memiliki ciri khas dekorasi yang berbeda satu sama lain. Jika konsep sudah matang ditentukan, maka kurasi vendor akan lebih mudah dan mempermudah pekerjaan vendor yang dipilih.

 

Konsep Itu Penting, Namun…

Budget lebih penting dan yang utama untuk menjadi pertimbangan.

Dalam alokasi dana pernikahan, menurut pengalaman Nonky dekorasi mengambil 20% hingga 30% dari total dana yang tersedia. Jangan sampai karena ingin mewujudkan impian pernikahan namun hingga memaksakan di luar kemampuan dan ketersediaan dana yang ada.

Setelah menghitung persentase dari total dana yang ada, lagi-lagi kurasi vendor akan menjadi lebih mudah.

 

Waktu Terbaik Untuk Memulai Menggunakan Jasa Dekorasi Pernikahan

Nonky berpendapat bahwa akan lebih baik untuk datang dan menentukan vendor dekorasi 6 hingga 5 bulan sebelum waktu pernikahan.

 

Memesan jasa vendor dekorasi jauh-jauh hari memang baik apabila ingin memulai menyicil pemilihan vendor satu per satu. Namun dalam hal dekorasi, tren yang ada akan selalu berubah-ubah paling tidak 5-6 bulan sekali.

Untuk pernikahan yang akan dilangsungkan dalam jangka satu tahun lagi, tren yang ada dalam tahun mendatang mungkin sedikit berbeda atau bahkan akan sangat berbeda. Folkers tidak ingin kan pernikahan kalian terlihat out of date? XD

 

Belum Memiliki Bayangan Konsep Pernikahan

Bagaimana jika folkers belum memiliki bayangan sama sekali terkait konsep dekorasi yang diinginkan?

Bagi Nonky, hal tersebut tentu bukan hal yang sulit, karena Nonky pribadi akan membantu mengarahkan folkers agar sesuai dengan keinginan, namun juga sesuai dengan style dari Spechelle Decoration sendiri, karena seperti dijelaskan di awal bahwa setiap vendor memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain.

Namun memang diakui oleh Nonky apabila folkers memiliki gambaran referensi sebelumnya akan sangat mempermudah bagi vendor dekorasi dalam mengembangkan ide tersebut dan membantu mewujudkan dekorasi impian pernikahan kalian.

Hal tersebut juga dikatakan oleh Nonky sebagai tindakan preventif dalam ketidaksesuaian antara ekspektasi folkers dengan hasil dekorasi yang sesungguhnya.

Pada akhirnya Nonky memberikan tips bagi folkers yang sedang mempersiapkan hari pernikahan, khususnya dekorasi, untuk dapat mengumpulkan gambar-gambar referensi yang diinginkan, dan apabila sudah ada vendor-vendor yang disasar untuk dapat “kepo” pada instagram mereka sehingga akan lebih terbentuk bayangan yang diinginkan

 

Photo Courtesy of Katakita Photo

Related Post

Featured Post

Instagram Post

Subscribe Post

Check Out Our Social Media