Ingin Menggelar Pesta Pernikahan Outdoor Malam Hari? Ini Yang Harus Dipersiapkan!

wedding

Pernikahan outdoor malam hari memang sedang populer dan sudah biasa digelar oleh banyak pasangan pengantin di kota besar. Bagi para tamu undangan, acara pernikahan di bawah cahaya lampu pada malam hari, apalagi saat cuaca cerah dengan langit ditaburi jutaan bintang dan cahaya lembut bulan, jelas akan memberikan kesan dan pengalaman yang berbeda.

Karena pancaran romantis yang dikeluarkan dari lilin dan lampu yang hanya terasa di malam hari, maka pesta pernikahan yang dilangsungkan sejak sore hingga menjelang malam hari ini sangat disarankan bagi para pasangan calon pengantin.

Selain menghindari terik matahari dan cuaca yang panas di siang hari, kalian akan lebih leluasa mempersiapkannya dan tidak perlu tergesa-gesa sehingga waktu persiapan kalian pun akan lebih santai.

Konsep pesta pernikahan outdoor malam hari sebenarnya tidak jauh berbeda dengan konsep pernikahan lainnya dari segi biaya. Sayangnya, pesta pernikahan outdoor malam hari memiliki beberapa kendala. Berikut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk menggelar pesta pernikahan outdoor malam hari.

Pesta pernikahan outdoor malam hari tentunya membutuhkan pencahayaan yang cukup dan tertata rapi. Jika pesta pernikahan outdoor siang hari menggunakan dekorasi berwarna cerah seperti hijau, putih, atau warna-warna pastel, agar terlihat lebih romantis dan mempercantik suasana maka pesta pernikahan outdoor malam hari lebih banyak menggunakan lampu-lampu kecil, lampu taman, lilin, lampion, kembang api, atau obor taman.

Pencahayaan yang terang sebaiknya berpusat di area tempat pengantin berada, sedangkan area lainnya jangan terlalu gelap namun juga jangan terlalu terang.

Lampu di pesta pernikahan outdoor malam hari bisa dirangkai sedemikian rupa menjadi penunjang dekorasi, namun pikirkan juga bahaya yang mungkin terjadi, misalnya seperti korsleting akibat hujan atau jika ada lampu yang pecah.

Selain itu, sehari sebelum hari H sebaiknya lokasi pernikahan dibersihkan terlebih dahulu untuk mengurangi kepungan nyamuk dan serangga lainnya yang kadang datang tak terduga dan bisa merusak acara. Gunakan lilin yang mengandung zat yang dapat mengusir nyamuk. Nyala lilin juga dapat menjadi penunjang dekorasi yang memperindah suasana.

Salah satu resiko terburuk yang bisa terjadi dan penentu kesuksesan pesta pernikahan outdoor adalah cuaca buruk. Jangan begitu saja percaya terhadap ramalan cuaca, apalagi jika kalian menikah di bulan-bulan saat musim hujan yang turun tidak menentu.

Sebaiknya siapkan "plan B" dengan menyewa tenda atau fasilitas indoor yang dekat dengan lokasi pesta pernikahan untuk berteduh jika hujan turun.

Siapkan juga beberapa payung untuk pengantin, keluarga pengantin, dan para tamu undangan yang hadir. 

Selain melindungi dari hujan, payung juga bisa menambah kesan romantis pada pesta pernikahan outdoor malam hari.

Bagi para muslim, waktu terbaik untuk acara resepsi pernikahan di malam hari sebaiknya sekitar pukul 19.30 hingga pukul 21.30 karena jarak antara sholat Maghrib dan Isya kurang lebih hanya satu jam, sehingga jika diadakan sebelumnya mungkin akan cukup merepotkan bagi para tamu undangan yang hendak menunaikan kedua sholat tersebut.

Jadi, pilih yang mana nih, pesta pernikahan outdoor malam hari atau siang hari?

(All images: Atsiri & Andri wedding by katakitaphoto.com)

Related Post

Menikah dengan warga Negara Asing

Tips dan Trik Dalam Merencanakan Pernikahan

10 Buket Unik Untuk Pernikahanmu

Susunan Acara Pernikahan Penuh Cinta

Inspirasi Kado Pernikahan Untuk Temanmu

Wedding Murah Tanpa Resepsi ? Pertimbangkan Hal ini Folkers

Featured Post

Instagram Post

Subscribe Post

Check Out Our Social Media