Kontemplasi Bunga: Memilih Buket Bunga Pernikahan

wedding

Buket bunga merupakan aksesoris sekali seumur hidup. Kapan lagi kamu bisa memegang kumpulan bunga yang didesain khusus untukmu, sepanjang hari?

 

Pernikahanmu dapat dirancang seputar buket bunga tersebut. Namun bagi seseorang yang memiliki sedikit oengetahuan dan pengalaman seputar buket, atau bunga secara umum, maka banyak hal yang harus dipertimbangkan: bunga apa saja yang harus disertakan dalam buket bunga? Apa warna/bentuk bunga yang paling bagus dan sesuai dengan gaun? Seberapa besar ukuran buket bunga? Dan bagaimana seharusnya memegang buket bunga?

 

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, tim folkswedding telah mengumpulkan top tips seputar buket bunga pernikahan dari beberapa floral designer.

 

  • Cobalah memilih gaun pernikahan terlebih dahulu sebelum memilih buket bunga

Ketika menemui florist untuk konsultasi, ingatlah untuk membawa gambar/foto gaun mu. Desain buket bunga sangat bergantung pada style, bentuk, dan detil gaun. Kunci untuk desain buket adalah buket tersebut tidak menutupi, menyembunyikan dan membuat tidak seimbang antara buket dan gaun.

photo courtesy of Rifan Wahyudi (@rifanwahyudi)photo courtesy of Rifan Wahyudi (@rifanwahyudi)

  • Pertimbangkan bentuk dan ukuran buket dengan seksama

Jangan memilih buket bunga yang menjuntai panjang jika detil gaun terletak di bagian rok. Tetapi apabila gaun mu memiliki detil lipatan atau berekor di bagian belakang, coba seimbangkan tampilan depan dengan buket yang lebih dramatis. Jangan sampai menutupi bagian pinggang, karena itu adalah bagian terkecil dari tubuh, jadi pastikan buket lebih ramping dari pinggang mu. Mode buket bunga berubah seiring waktu, namun hal terpenting adalah buket tidak menutupi atau menyembunyikan detil gaun mu.

 photo courtesy of The Couple Studio (@thecouplestudio)

photo courtesy of The Couple Studio (@thecouplestudio)

  • Cari tahu bunga yang sedang musim di hari pernikahan mu

Beberapa bunga tidak tersedia pada waktu tertentu dalam setahun (atau sangat mahal) jadi pastikan kamu mempertimbangkan hal ini ketika memilih bunga mana yang akan dimasukkan ke dalam buket mu.

 

  • Pastikan warna yang tepat sesuai dengan gaun

Dalam sutu warna terdapat banyak macam corka, misalnya putih yang memiliki macam corak putih gading, putih susu, krem, dan lain sebagainya. Pastikan betul warna gaun mu sehingga florist dapat memberikan rekomendasi bunga yang sesuai. Sebagai tambahan, jika masih tersisa bahan dari gaun mu, gunakan sebagai pembungkus ikatan pada tangkai buket bunga sehingga menjadi seragam.

 

  • Tambahkan nilai sentimental dalam buket bunga

Cobalah untuk menggabungkan bunga yang mungkin memiliki makna pribadi, baik untuk kamu atau anggota keluarga lainnya. Jika kamu memiliki pusaka keluarga seperti bros antik, saputangan renda atau lainnya, mintalah florist untuk menambahkannya ke buket bunga.

 photo courtesy of Tukki Wedding Stuff (@tukki_weddingstuff)

photo courtesy of Tukki Wedding Stuff (@tukki_weddingstuff)

  • Memegang buket bunga

Ketika gugup sebelum pernikahan dan memegang buket untuk pertama kalinya, kebanyakan pengantin cenderung memegang buket dengan dua tangan dan memegangnya cukup tinggi yang serta merta mengangkat bahu ke atas. Ini cenderung tidak membuat figure tubuh yang bagus, terutama jika kamu mengenakan gaun tak bertali bahu. Jika kamu ingat, (mintalah pengiring pengantin untuk mengingatkan mu) pegang buket di satu tangan dan di bawah pinggul, sedikit menjauh dari gaun mu, sehingga kamu dapat melihat siluet gaun. Ini akan membuat mu tampak rileks, memperbaiki postur dan menciptakan pose terbaik untuk fotografer mu.

 

  • Pilih buket yang nyaman untuk dipegang

Ingatlah bahwa buket bunga akan kamu pegang sepanjang hari, sehingga harus benar-benar nyaman untuk dipegang. Jangan memilih aksesoris yang akan membuat mu canggung.

photo courtesy of Kimi & Smith Pictures (@kimiandsmithpictures)

photo courtesy of Kimi & Smith Pictures (@kimiandsmithpictures)

 

Jangan lupa untuk meminta fotografer mengabadikan detil buket bunga dengan estetika yang menarik. Jagalah kesegaran buket bunga hingga akhir acara dengan menempatkannya dalam wadah berisi sedikit air saat sedang tidak digunakan.

Ingatlah pula bahwa kamu tidak harus melemparkannya kepada para tamu seperti dalam tradisi pelemparan buket bunga. Namun jika tetap ingin melakukannya, mintalah buket bunga pengganti kepada florist ytang dibuat khusus untuk dilemparkan kepada para tamu.

 

Sumber asli: https://bridalmusings.com/2012/03/floral-musings-top-10-tips-on-bridal-bouquet-emma-lappin-flowers/

Related Post

Menikah dengan warga Negara Asing

Tips dan Trik Dalam Merencanakan Pernikahan

10 Buket Unik Untuk Pernikahanmu

Susunan Acara Pernikahan Penuh Cinta

Inspirasi Kado Pernikahan Untuk Temanmu

Wedding Murah Tanpa Resepsi ? Pertimbangkan Hal ini Folkers

Featured Post

Instagram Post

Subscribe Post

Check Out Our Social Media