Menetapkan Venue Pernikahan

wedding

Memilih lokasi yang tepat merupakan salah satu hal yang sulit dalam merencanakan pernikahan. Bagaimana menemukan lokasi yang terjangkau, nyaman untuk tamu, dan benar-benar kamu senangi?

 

Untuk mendapatkan venue yang tepat, folker dapat melakukan pertimbangan berdasarkan hal-hal berikut:

 

  1. Jumlah Undangan

First thing first! Jumlah tamu yang akan diundang harus ditetapkan sebelum memulai pencarian tempat untuk menghindari kesan ‘sepi’ karena tempat yang terlalu luas atau malah tidak dapat menampung tamu yang hadir karena terlalu sempit.

 

  1. Tema & Konsep

Bicarakan dengan pasangan dan keluarga mengenai tema dan konsep yang akan diaplikasikan pada hari pernikahanmu. Apakah menggunakan adat tradisional, nasional atau bahkan internasional. Hal ini akan mempengaruhi venue yang akan dipilih. Secara umum venue pernikahan dibagi menjadi tiga konsep: indoor, semi outdoor/indoor, dan outdoor. Padukan tema pernikahanmu dengan konsep venue agar dapat mewujudkan pernikahan impianmu.

 

  1. Budget

Tentukan anggaran biaya keselurahan dan biaya yang akan dialokasikan untuk menyewa tempat. Akan banyak biaya yang diperlukan selain sewa tempat seperti dekorasi, catering, dan lain-lain. Jangan sampai biaya membludak di luar anggaran yang sanggup folker keluarkan.

 

Dalam memilih tempat perlu dipastikan pula fasilitas yang didapatkan. Apakah harga sewa sudah all in, atau aka nada tambahan biaya lain seperti biaya listrik, biaya keamanan, biaya vendor bukan rekanan, batasan catering, dan lain sebagainya.

 

  1. Lokasi, Akses dan Lahan Parkir

Lokasi yang strategis, namun akses jalan masuk yang sempit, berkelok-kelok, tentunya akan menyulitkan tamu undangan. Pertimbangkan tamu yang hadir dari luar kota agar dapat dengan mudah menemukan lokasi pernikahan. Lahan parkir pun harus diperhatikan sehingga tamu akan dengan mudah menyimpan kendaraannya dengan aman. Jangan sampai tamu akan menghabiskan waktu banyak hanya untuk mencari lahan parkir demi menghadiri pernikahanmu.

 

  1. Kriteria Tambahan

Selain kriteria-kriteria di atas sebelumnya, pertimbangkan pula hal-hal lain seperti akses dari ruang make up pengantin ke ruang resepsi, apakah menggunakan tangga atau bisa menggunakan lift, hingga tingginya ruangan.

 

 

 

Jika diperlukan dan sesuai dengan anggaran, gunakan jasa wedding planner untuk menghemat waktu dan tenaga. Pilih yang bisa dipercaya dan folker pun tak perlu khawatir mengenai pilihan tempat yang ideal.

 

Lakukan pula riset dengan membaca review terkait tempat yang diincar. Folker dapat membaca opini yang lebih jujur dari pengguna sebelumnya. Jangan terpaku pada rating saja, namun baca pula komentar yang ada. Cari tahu apa yang mereka suka dan tidak.

 

 

Photo Courtesy of Katakitaphoto (@katakitaphoto)

Related Post

Menikah dengan warga Negara Asing

Tips dan Trik Dalam Merencanakan Pernikahan

10 Buket Unik Untuk Pernikahanmu

Susunan Acara Pernikahan Penuh Cinta

Inspirasi Kado Pernikahan Untuk Temanmu

Wedding Murah Tanpa Resepsi ? Pertimbangkan Hal ini Folkers

Featured Post

Instagram Post

Subscribe Post

Check Out Our Social Media