Mengapa Wedding Organizer?

wedding

Fenomena menjadi seorang Wedding Organizer saat ini masih menjadi salah satu topik yang hangat dibicarakan. Pekerjaan yang dianggap “mudah” dengan hanya bermodalkan kartu nama, performa yang meyakinkan, pintar mengambil hati calon pengantin dan orangtuanya dengan penawaran pilihan produk yang menarik dan menjanjikan, maka seseorang bisa dibilang sah mendapat gelar sebagai seorang Wedding Organizer.

Tapi ya folkers, pernah ngga sih terpikirkan bahwa ternyata tidak mudah lho menjadi seorang Wedding Organizer. Terbukti akhir-akhir ini sangat banyak kasus yang terjadi dimana oknumnya adalah seorang WO. Miris.. karena sejatinya seorang WO harus mampu menjadi seseorang yang dipercaya untuk dapat mewujudkan impian pernikahan seseorang, mampu menjembatani dan merekomendasikan vendor-vendor yang kualitas dan kredibilitasnya telah teruji.

Artinya, menjadi seorang Wedding Organizer  itu bukan saja perlu memiliki  kemampuan berkomunikasi yang baik dan personality yang menarik  tapi juga harus memiliki mental yang kuat dan siap dengan segala konsekuensi dan resikonya, ya folkers.


KRITERIA  WEDDING ORGANIZER  YANG HANDAL DAN TERPERCAYA

Jadi, apa sebenarnya yang menjadi kriteria dan tolak ukur bahwa sebuah Wedding Organizer dapat terpercaya ?

Jawabannya ya, Folkers.. tidak ada kriteria khusus untuk itu, karena masing-masing pasti memiliki SOP (Standart Operational Procedure) dan cara tersendiri dalam menangani klien . Namun ada beberapa poin yang bisa Folkers jadikan sebagai acuan.


D'manten Wedding Organizer - Photo Courtesy of The Couple Studio


MANAJERIAL YANG BAIK

Sebagai Wedding Organizer yang terpercaya, seseorang haruslah memiliki kemampuan manajemen yang mumpuni ya Folkers, baik dari segi manajemen waktu, administrasi dan juga manajemen keuangan agar dapat mengatur dan menjaga cashflowsnya.


INOVASI TINGGI

Wedding Organizer yang kreatif selalu menciptakan  inovasi dari segi konsep, perencanaan  dan juga pelayanan kepada kliennya, sehingga klien merasa mendapatkan sesuatu yang berbeda dengan menggunakan jasa WO tersebut.


Photo Courtesy by Megrashy Wedding Planner


LEADERSHIP

Seorang Wedding Organizer harus mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik, karena dalam menghandle suatu acara pernikahan, dimulai dari perencanaan, persiapan, saat berlangsungnya acara hingga keseluruhan rangkaian acara selesai, dia harus mampu menampung berbagai ide untuk diaplikasikan sesuai keinginan klien, sebagai fasilitator dan mediator antara klien dengan vendor yang akan mensupport jalannya acara pernikahan, cepat dan tanggap mengambil keputusan ketika terjadi hal-hal di luar yang telah direncanakan yang tidak dapat dielakkan sehingga acara tetap berjalan dengan lancar sesuai harapan.


Photo Courtesy by Ghaisaniyara Wedding Organizer


HUBUNGAN YANG BAIK DENGAN VENDOR

Sebagai Wedding Organizer yang handal, merupakan hal yang mutlak memiliki hubungan kerjasama yang baik dengan para vendor. Hal ini tentu saja akan memudahkan klien mendapatkan vendor yang sesuai dengan keinginannya sebagai penunjang kelancaran acara pernikahannya dan bagi WO sendiri akan mudah melakukan kordinasi  baik dalam persiapan maupun pelaksanaan acara.


Photo Courtesy by Kalea Wedding Organizer


AFTER SALES SERVICE

Banyak  Wedding Organizer melupakan hal yang satu ini, Folkers. Kebanyakkan dari para WO ini hanya focus kepada pelayanan sebelum sampai dengan acara selesai berlangsung. Padahal, klien akan merasa jauh lebih puas ketika kita masih memberikan pelayanan terbaik kita disaat acara mereka telah selesai. Salah satu contoh yang bisa kita berikan sebagai after sales service, memberikan update output dokumentasi liputan acara pernikahan mereka.

Jadi bagaimana, Folkers? Tertarik untuk mencoba bisnis Wedding Organizer yang penuh tantangan namun menjanjikan ini..??


Photo Courtesy by Ghaisaniyara Wedding


Afrodite Wedding Organizer - Photo courtesy of Lemia Project


Photo Courtesy by Ghaisaniyara Wedding Organizer

 

 

Bunna

Founder & CEO of Kalea Creative Wedding & Event

Office ; Jalan Taman Pramuka 171 Bandung

Phone/WA : 08122379021

IG. @kalea_wedding

Related Post

Menghalau Galau Menjelang Hari H

Memilih Wedding Music, Prioritas? Why Not

Menikah dengan warga Negara Asing

Tips dan Trik Dalam Merencanakan Pernikahan

10 Buket Unik Untuk Pernikahanmu

Susunan Acara Pernikahan Penuh Cinta

Featured Post

Wedding Murah Tanpa Resepsi ? Pertimbangkan Hal ini Folkers

Instagram Post

Subscribe Post

Check Out Our Social Media