Mengenal Wedding Planner

wedding

Penyebab utama stress dalam menghadapi pernikahan adalah perbedaan ekspektasi dari pihak keluarga dan pasangan. Banyak pasangan yang belum memiliki pengalaman dalam mengurus pernikahan yang merasa kesulitan dan frustasi pada akhirnya. Dengan menggunakan jasa wedding planner, akan sangat membantu folkers mengatasi kesulitan tersebut. Mulai dari desain konsep, penganggaran, menentukan venue, negosiasi vendor, gaun dan jas pengantin, pengaturan transportasi, fotografi, videografi, hingga manajemen pelaksanaan pada hari H.  Koordinator yang ditunjuk akan meminimalisir semua hambatan demi memastikan pernikahan yang lancar dan menyenangkan.

 

 

Apa perbedaan wedding planner dan wedding organizer?

Banyak pasangan yang belum mengetahui bahwa wedding planner tidak sama dengan wedding organizer yang namanya telah lebih dahulu dikenal oleh masyarakat. Dari segi durasi kerja, wedding planner memiliki jangka waktu lebih panjang dibandingkan wedding organizer. Singkatnya, wedding planner membantu mengurus segala hal terkait pernikahannmu dari awal serta memastikan segala hal seperti pemilihan konsep, budget, dan masih banyak hal lainnya. Sedangkan wedding organizer mulai mengurusi pernikahanmu satu bulan sebelum hari pernikahan dan memastikan seluruh kesiapan vendor dan susunan acara serta kepanitiaan keluarga.

 

 

 

Apa tugas wedding planner?

Pada dasarnya, wedding planner terdiri dari sekelompok orang atau individu dengan pengalaman dan koneksi yang kuat untuk membantu pasangan dalam persiapan pernikahan mereka dari awal tahap perencanaan hingga seluruh rangkaian upacara dan pesta pernikahan. Mereka akan membantu folkers dalam segala aspek, mulai dari pembuatan konsep, hingga memilih vendor yang akan membuat hari pernikahanmu luar biasa.

 

Wedding planner akan melacak anggaran folkers dan menangani logistik. Ini adalah keterampilan yang dapat dipelajari banyak orang, tetapi hanya planner terbaik yang memiliki pengalaman dan kredensial yang membuat mereka lebih dari yang lain. Beberapa planner juga menyediakan layanan desain atau styling, membantu dengan spesifikasi kreatif dari hari pernikahanmu.

 

Perlukah menggunakan jasa wedding planner?

Untuk memutuskan menggunakan jasa planner atau tidak, folkers dapat merujuk pada beberapa hal di bawah ini:

  1. Tersedia anggaran.
  2. Ingin meminimalisir stress menghadapi pernikahan.
  3. Kesibukan pekerjaan sehingga tidak dapat membagi waktu dengan segala persiapan yang harus dilakukan.
  4. Kebingungan dalam memulai perencanaan serta kurangnya kemampuan folkers dalam mengorganisir.
  5. Jangka waktu yang sangat mendesak/mepet.
  6. Mengadakan konsep pernikahan destination wedding atau rangkaian acara yang banyak.
  7. Melangsungkan pernikahan di tempat yang tidak biasanya/tidak umum.

 

 

Beberapa hal penting untuk diingat

 

1. Pesan dari jauh hari

Jika sudah memastikan tanggal pernikahanmu, akan lebih baik untuk “mengunci” penyedia jasa planner yang folkers inginkan untuk menghindari ketidaksediaan slot pada buku jadwal planner incaranmu. Hal ini juga akan memaksimalkan dana yang akan folkers habiskan dalam menyiapkan hari pernikahan impian.

 

2. Pertimbangkan dana

Hal yang penting untuk dilakukan adalah mengetahui rate harga dari beberapa penyedia jasa planner sehingga didapatkan yang sesuai dengan anggaranmu, namun tetap tidak mengenyampingkan kualitas jasa yang didapatkan.

 

3. Kenali planner yang dituju

Tidak ada lisensi atau sertifikasi yang diperlukan untuk menjadi seorang planner - dan meskipun menjadi bagian dari organisasi adalah indikator pengalaman, itu bukanlah patokan. Kemampuan planner dapat dilihat melalui foto di situs web atau blog perusahaan planner. Tidak lupa juga untuk selalu membaca ulasan dan meminta referensi dari vendor dan pasangan lain.

 

4. Jika tidak menggunakan jasa professional, tetap tentukan orang-orang untuk bertugas di hari pernikahanmu

Seseorang perlu memastikan hari pernikahan itu sendiri berjalan lancar dan bahwa semua yang folkers rencanakan dilaksanakan dengan benar. Pilih orang yang dipercaya untuk memastikan susunan acara berjalan sesuai dengan perencanaan sehingga folkers tidak perlu merasa khawatir dan bisa menikmati acara pernikahan yang sudah diimpi-impikan.

 

 

Related Post

Menikah dengan warga Negara Asing

Tips dan Trik Dalam Merencanakan Pernikahan

10 Buket Unik Untuk Pernikahanmu

Susunan Acara Pernikahan Penuh Cinta

Inspirasi Kado Pernikahan Untuk Temanmu

Wedding Murah Tanpa Resepsi ? Pertimbangkan Hal ini Folkers

Featured Post

Instagram Post

Subscribe Post

Check Out Our Social Media