Susunan Acara Pernikahan Penuh Cinta

wedding

Pernikahan tentu adalah momen bahagia yang Folkers tunggu-tunggu untuk menyatukan pribadi dan juga dua keluarga besar. Semua persiapan akan Anda usahakan terencana dengan baik dan matang agar acara dapat berjalan dengan lancar dan meminimalisir kesalahan yang mungkin terjadi pada hari istimewa ini.

Dalam segala persiapan yang banyak menuju pernikahan, ada pasangan yang menggunakan jasa wedding organizer atau juga wedding planner. Namun jika Folkers tidak melibatkan pihak lain dalam pernikahan dan hanya keluarga saja yang ikut membantu kelancaran acara tentu tidak apa. Di sini pun Folkers akan diberi gambaran secara umum mengenai susunan acara pernikahan pada umumnya mulai dari akad nikah hingga pesta resepsi.

 

Susunan Acara Pernikahan Penuh Cinta 

Susunan Acara Akad Nikah

Akad nikah merupakan salah satu rangkaian dari upacara adat dalam pernikahan yang termasuk upacara keagamaan untuk menyatukan dua insan menjadi sepasang suami-istri secara sah dihadapan Tuhan. Umumnya, pada momen ini acara akan berlangsung khidmat dan sakral bahkan sering mengalirkan air mata haru baik dari kedua pasangan dan juga keluarga dan sahabat yang hadir. Di bawah ini adalah susunan acara pernikahan yang dilaksanakan saat akad nikah pada umumnya;

  1. Pembukaan

Acara akan dimulai dengan pembukaan yang biasanya dimoderatori oleh pembawa acara dengan membaca ‘bismillah’ dan juga doa agar acara berjalan dengan lancar serta penuh berkah.

  1. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran

Setelah acara dibuka, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat Al-Quran. Biasanya keluarga akan menunjuk pihak atau juga mengundang orang yang memang ahli melantunkan ayat-ayat tersebut dengan indah dan merdu.

  1. Khutbah Nikah

Khutbah nikah biasanya akan disampaikan langsung oleh petugas dari KUA atau juga penghulu. Khutbah ini berfungsi sebagai pembekalan bagi kedua mempelai sekaligus pengingat tentang pentingnya menjaga keutuhan dalam pernikahan.

  1. Ijab Kabul

Pada momen inilah puncak dari segala persiapan pernikahan, proses Ijab Kabul dimana orang tua atau wali dari mempelai wanita akan menikahkan putrinya kepada mempelai pria. Prosesi sakral ini yang akan menyatukan keduanya sebagai pasangan sah.

  1. Doa Nikah

Setelah Ijab Kabul diucapkan dengan lancar, maka penghulu akan memimpin doa akad nikah. Selain penghulu, biasanya Folkers juga dapat mengundang pemuka agama secara khusus untuk membacakan dan menyampaikan doa akad nikah.

  1. Penandatanganan Buku Nikah

Kemudian setelah dinyatakan sah sebagai pasangan suami dan istri dengan upacara agama, maka kedua mempelai diminta untuk menandatangani dokumen pernikahan. Salah satu bagian dokumen pernikahan adalah buku nikah karena sebagai bukti tertulis atas keduanya yang dinyatakan sah menikah di hadapan hukum negara.

  1. Serah Terima Mahar

Doa nikah telah dibacakan, kini waktunya mempelai pria menyerahkan mahar atau mas kawin pada mempelai wanita. Biasanya, mahar berupa nominal uang atau seperangkat alat sholat. Mahar ini juga biasanya diserahkan secara simboli pada saat prosesi.

  1. Tukar Cincin

Setelah penyerahan mahar, kemudian kedua mempelai akan saling memasangkan cincin kawin di jari manis pasangannya. Momen ini pun tidak ketinggalan akan diabadikan pada saat dokumentasi.

  1. Nasihat Pernikahan

Selanjutnya, kedua mempelai akan diberikan nasihat mengenai hak dan kewajiban yang akan diemban oleh seorang suami dan juga istri. Pada penyampaian ini, kedua mempelai akan mengetahui apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebagai pasangan suami istri.

  1. Penutup

Pada penutupan rangkaian prosesi akad nikah biasanya akan dilangsungkan pembacaan doa oleh penghulu atau pemuka agama yang ikut serta hadir dalam acara.

 

Susunan Acara Pernikahan Penuh Cinta 

Susunan Acara Resepsi Pernikahan

Setelah melangsungkan prosesi akad nikah, biasanya kedua pasangan akan bersiap untuk pesta resepsi. Memang ada juga yang tidak menggelar pesta resepsi Folkers, tentu pilihan ini berada di tangan kedua pasangan dan juga kesepakatan dengan keluarga. Beberapa pasangan memilih untuk mengadakan pesta resepsi di hari yang sama dengan upacara akad nikah, tetapi ada juga yang memilih untuk mengadakan resepsi di waktu lain bahkan di tahun berikutnya. Hal ini tentu karena berbagai alasan yaa Folkers. Namun umumnya, pesta resepsi diadakan 2 atau 3 jam setelah prosesi akad nikah. Berikut di bawah ini susunan acara pernikahan yang dilakukan saat pesta resepsi pada kebanyakan pasangan yang merayakannya;

  1. Pembukaan

Acara pesta resepsi akan dimulai dengan pembukaan yang akan dipandu oleh pembawa acara. Biasanya ia pun akan memberikan ucapan terima kasih dan rasa syukur karena prosesi sebelumnya yaitu akad nikah telah berlangsung dengan lancar.

  1. Penyambutan Kedua Mempelai

Setelah pembukaan, kedua pengantin akan dipersilakan memasuki lokasi atau ruangan acara dan duduk di pelaminan dengan kedua orang tua atau wali mereka. Pada beberapa budaya, sebelum penyambutan mempelai ada juga yang mempersembahkan tari-tarian atau juga acara adat lainnya.

  1. Ucapan Selamat Pada Mempelai

Pada momen ini, para tamu yang telah hadir di lokasi dipersilakan untuk memberi ucapan selamat serta menyalami kedua mempelai di atas pelaminan.

  1. Tamu Dipersilakan Menikmati Hidangan

Setelah menyampaikan selamat dan bersukacita bersama mempelai, para tamu akan diarahkan untuk menikmati hidangan yang telah disediakan. Biasanya juga akan dihibur dengan alunan musik dari tim musik yang ikut memeriahkan acara.

  1. Special Performance

Biasanya mempelai juga suka untuk berbagi kejutan di tengah-tengah kebahagiaan bersama tamu undangan, mereka akan ikut memberikan persembahan seperti bernyanyi atau juga menari. Selain menghibur tamu undangan, hal ini juga menjadikan momen kedekatan antara kedua pengantin dengan semua yang telah hadir di pesta.

  1. Foto Bersama

Satu hal ini tentu tidak boleh terlupakan yaa Folkers, apalagi saat pesta resepsi banyak sekali yang hadir. Sebelum pesta usai dan para tamu pulang, biasanya mereka akan berfoto bersama kedua mempelai. Dokumentasi ini akan Anda kenang sepanjang masa tentang siapa-siapa saja yang telah menyempatkan hadir pada hari istimewa tersebut.

  1. Penutupan

Setelah semua rangkaian acara selesai berlangsung, pembawa acara akan menutup acara ini, ia juga akan mengucapkan selamat kepada kedua pengantin dan rasa terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang telah hadir berbagi kebahagiaan.

 

Semoga susunan kedua prosesi di atas dapat menjadi referensi Folkers dalam mempersiapkan pernikahan yang penuh cinta yaa. Baik didukung oleh tim wedding organizer atau wedding planner dan juga bantuan keluarga besar, keduanya akan memiliki garis besar yang sama dari susunan acara yang telah diulas. Semoga segala persiapan Folkers menyambut momen istimewa dalam hidup dapat berjalan dengan lancar!

Related Post

Menikah dengan warga Negara Asing

Tips dan Trik Dalam Merencanakan Pernikahan

10 Buket Unik Untuk Pernikahanmu

Inspirasi Kado Pernikahan Untuk Temanmu

Wedding Murah Tanpa Resepsi ? Pertimbangkan Hal ini Folkers

Manisnya Post Wedding Pasangan LDR

Featured Post

Instagram Post

Subscribe Post

Check Out Our Social Media