Tips Menabung Untuk Budget Nikah

wedding

Pernikahan adalah hari istimewa yang dinantikan oleh setiap pasangan untuk memulai kehidupan baru dan membangun keluarga kecilnya. Banyak pasangan yang sedari proses pendekatan diri atau pacaran sudah mulai mengumpulkan tabungannya untuk dialokasikan kepada budget nikah, karena persiapan pesta pernikahan tentu tidak semudah itu ya Folkers. Apalagi bagi Anda yang ingin mandiri serta tidak membebankan orang tua terlebih mewujudkan pesta impianmu. Idealnya, jika ingin mempersiapkan budget nikah adalah 2 atau 3 tahun sebelum pesta dilaksanakan. Berikut beberapa tips yang dapat Folkers simak;

 

  1. Kendalikan Keuangan Melalui Anggaran

Beberapa pendapat dari konsultan keuangan, sebaiknya mengelola keuangan pribadi pun hampir mirip seperti mengelola keuangan perusahaan. Jika tujuan Folkers mengelola keuangan kali ini untuk dialokasikan ke rencana pesta pernikahan, maka ada baiknya anggaran diatur beserta perinciannya dari pendapatan yang diperoleh. Sangatlah penting ketika Folkers sudah memiliki tujuan untuk mewujudkan pernikahan dan berfokus pada anggaran demi hal-hal yang realistis. Meskipun pernikahan adalah hari yang istimewa, tetapi bukanlah alasan untuk menginginkan semuanya menjadi terlihat mewah dan berlebihan, bahkan tidak sesuai dengan anggaran Anda. Tentu setelah pesta pernikahan, Folkers tidak ingin menyambut kehidupan baru malah dirusak untuk membayar berbagai tagihan.

Jika Folkers telah menghabiskan nominal yang cukup besar pada satu item, maka potonglah anggaran dari item yang lain agar sesuai dengan anggaran. Menjadi fleksibel dan memprioritaskan pengeluaran yang besar adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Sebaiknya, dari anggaran yang telah Folkers buat ditambahkan 20% sebagai dana cadangan. Hal ini dapat sangat membantu ketika terjadi kendala dalam anggaran Anda, Folkers bisa menggunakan dana cadangan yang telah dipersiapkan tersebut.

 

  1. Persiapkan Mental dan Raga Untuk Berhemat

Pastikan kembali Folkers telah menyusun anggaran untuk budget nikah, seperti halnya dari katering, sewa gedung, jas dan juga gaun pengantin, sampai kartu undangan. Persiapkan diri juga untuk berhemat setidaknya dalam waktu setahun ke depan atau mungkin lebih. Folkers harus kuat untuk mengurangi berbelanja barang-barang mewah ketika sedang menabung untuk pernikahan. Jika memiliki hobi travelling, Anda pun sebetulnya dapat memangkas dana dari sini bahkan jika setiap minggu Folkers menghabiskan waktu berdua dengan pasangan baik itu di mall, café, bahkan berjalan-jalan ke tempat lainnya maka hal ini dapat mulai dikurangi demi menabung. Jangan takut keromantisan Anda berdua akan memudar, bahkan Folkers dapat membuat bekal makan siang untuk berdua jika menghemat dana konsumsi di kantor. Atau menghabiskan waktu bergantian di rumah orang tua masing-masing pun menyenangkan, Folkers dapat memasak bersama di akhir pekan atau menonton film kesukaan. Kelebihannya bahkan Anda menjadi semakin dekat dan mengenal keluarga pasangan bukan?

 

  1. Memperbaiki Gaya Hidup

Sebagai contoh, jika Folkers bekerja di kota lain atau jauh dari rumah tinggal orang tua maka carilah tempat tinggal yang aman dan nyaman namun terjangkau tarifnya. Meskipun Anda bisa mendapatkan fasilitas yang berlebih, ingatlah kembali tujuan Anda untuk mewujudkan pernikahan. Bahkan lebih baik jika memilih tempat tinggal yang tidak terlalu jauh dari kantor, Anda pun bisa mengajak atau bergantian menjemput pasangan untuk berangkat bersama demi menghemat transportasi. Jika dirasa menggunakan transportasi umum atau pun jasa online lebih menghemat daripada kendaraan pribadi, maka tidak ada salahnya sedikit berdesakan dan mengantri karena walaupun dirasa sedikit namun dalam satu tahun cukup menghemat nilai yang ditabung.

 

  1. Tambahan Penghasilan Dari Investasi

Jika Folkers telah memiliki niat untuk membangun keluarga dengan cara mandiri seperti halnya mengimpikan tinggal di rumah milik sendiri setelah menikah nanti, maka sebelum mampu untuk membeli hunian tinggal idaman Folkers dapat menyiasatinya dengan cara mengontrak rumah. Sebetulnya banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah selain menabung, salah satunya dengan investasi emas. Karena harga emas cenderung stabil, Folkers bisa memulai berinvestasi emas untuk perencanaan di masa depan. Anda bisa membeli emas sedikit demi sedikit setiap bulannya. Investasi kecil-kecilan ini akan sangat berguna sebagai modal untuk meraih impian hunian kelak bersama pasangan dan keluarga.

Selain emas, reksan dana juga termasuk instrumen investasi dengan resiko yang cukup rendah.Ketika Folkers membeli reksa dana, setiap investor akan mendapatkan bukti nominal yang bernama unit penyertaan. Anda juga dapat melihat kinerja reksa dana yang ada di pasar keuangan melalui situs keuangan seperti media ekonomi keuangan dan lembaga riset. Dari data lembaga tersebut Folkers dapat memantau reksa dana berbasis saham yang rata-rata masih menorehkan prestasi.

 

  1. Menyicil Keperluan Pernikahan Sedikit Demi Sedikit

Cara lain yang bisa Folkers terapkan adalah membayar setiap kebutuhan secara berangsur. Hal ini membuat Anda merasa tidak terlalu berat untuk memenuhi segala kebutuhan. Berikan target perbulan misalnya, di bulan pertama dana digunakan untuk kebutuhan suvenir pernikahan, di bulan kedua dana digunakan untuk kebutuhan jas dan gaun pengantin, di bulan ketiga dana digunakan untuk kebutuhan undangan pernikahan, dan begitu seterusnya sampai tidak terasa sedikit lagi persiapan menjelang hari besar Anda terpenuhi.

 

  1. Mengganti Perayaan Dengan Seserahan

Biasanya kebanyakan pasangan yang saling merayakan ulang tahun atau pun anniversary akan disertai memberi kado kepada sang terkasih. Namun, sekarang Folkers dan pasangan sudah memiliki tujuan yang jauh lebih besar, jadi untuk menghemat Anda tidak perlu saling memberi hadiah. Dana yang biasanya dihabiskan untuk membeli hadiah dapat dialokasikan untuk membeli seserahan. Folkers dapat membayangkan jika dalam satu tahun Anda dan pasangan melewati 3 kali perayaan ( dua kali ulang tahun dan satu kali anniversary ) maka dalam waktu 3 tahun Anda berdua sudah mendapatkan 9 barang seserahan. Menarik untuk dicoba bukan?

 

  1. Meminta Bantuan Keluarga atau Teman Untuk Bantuan

Jika Folkers ingin memangkas budget nikah, maka cobalah meminta bantuan keluarga atau teman dekat untuk menjadi tim wedding organizer di pesta pernikahan Anda. Saat menjalankan proses persiapan pun akan lebih menyenangkan dan puas karena budget yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Perlu Folkers perhatikan juga sebelumnya, keluarga dan teman yang Anda minta bantuannya dapat diajak bekerja sama dengan baik sehingga persiapan dapat berjalan dengan optimal agar pesta pernikahan Anda lancar dan sukses.

 

  1. Membeli Cincin

Cincin adalah merupakan lambang penyatuan dua hati pada saat upacara pernikahan, tentu si kecil berkilau ini tidak ketinggalan di pesta pernikahan Folkers. Anda juga tidak perlu membeli cincin yang terlalu mahal, tipsnya Folkers dan pasangan dapat menabung Rp 50.000,- perbulan dan dalam hitungan sekitar 3 tahun maka uang yang terkumpul sudah mencapai Rp 3.600.000,- dan sangatlah cukup untuk membeli cincin pernikahan.

 

  1. Tidak Mengundang Banyak Orang

Jumlah tamu yang akan hadir pada pesta sangatlah mempengaruhi pengeluaran Folkers saat pernikahan. Anda bisa menghemat dengan hanya mengundang keluarga dan kerabat dekat, serta pesta juga akan berlangsung dengan lebih khidmat dan juga berkesan. Bahkan Anda dapat menghindari rasa tidak nyaman saat melihat terlalu banyak orang asing yang tidak terlalu dikenali datang ke pernikahan Anda.

 

  1. Memantau Perkembangan Dana

Jangan sampai Folkers lengah dalam memantau anggaran, terlebih ketika tingkat pengembalian tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Jika ingin membuat perencanaan baru di tengah-tengah proses, maka lakukanlah perbaikan atas alokasi dana atau pun perbaikan hitungan dana yang harus diinvestasikan. Hal ini akan sangat membantu Anda juga kedepannya, karena setelah menetapkan target dan menabung serta berinvestasi, Anda dan pasangan saling belajar untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran. Catatlah segala pendapatan serta pengeluaran Anda berdua dalam sebulan supaya pengelolaan dana menjadi lebih tertata sehingga uang tidak terbuang percuma.

Related Post

Menikah dengan warga Negara Asing

Tips dan Trik Dalam Merencanakan Pernikahan

10 Buket Unik Untuk Pernikahanmu

Susunan Acara Pernikahan Penuh Cinta

Inspirasi Kado Pernikahan Untuk Temanmu

Wedding Murah Tanpa Resepsi ? Pertimbangkan Hal ini Folkers

Featured Post

Instagram Post

Subscribe Post

Check Out Our Social Media